Pengenalan Blog

Minggu, 14 Desember 2008

mungkin masih banyak orang yang bingung dengan blog atau banyak yang sudah menggunakan blog tetapi tidak tahu apa yang dimaksud dengan blog, maka itu saya akan coba jelaskan sedikit apa yang saya tahu berdasarkan buku-buku yang bertemakan tentang blog.

Pada awalnya, kata blog dipakai sebagai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar mereka sendiri.

Menurut beberapa website (www.computersprintersrepairshouston.com / www.matisse.net) menyatakan bahwa weblog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Aktivitas memperbarui blog disebut "blogging" dan seseorang yang memiliki blog disebut "blogger".

Kalau diambil kesimpulannya dari keterangan diatas maka dapat dinyatakan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis menulis dimana tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin mereka sampaikan dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet.

Seorang blogger menjadi bos atau editor atas apa yang ingin dia sampaikan tanpa ada orang lain yang melarang oleh karena itu banyak sekali tema-tema yang sepertinya aneh kita temukan melalui blog di internet.

Menulis blog atau blogging setiap hari akan membuat blogger menjadi penulis yang lebih percaya diri. Dengan terbiasa mengekspresikan pikiran pada blog-nya, seorang blogger dapat dengan lebih baik mengartikulasikan opininya. Blog bahkan dipercaya dapat menjadi semacam terapi kejiwaan.

Menurut Rebecca Blood : Blogger menurut sifat dasarnya bukanlah reporter. Mereka berperan sebagai editor dalam blognya masing-masing dan dalam sebuah dunia dengan budaya media yang telah jenuh, blog menjadi suara-suara alternatif yang menyuarakan bunyi independen dalam setiap ulasannya. Blog bukanlah obat mujarab untuk budaya yang telah jenuh dengan media, tetapi mudah-mudahan blog adalah salah satu peredanya.

Bila anda saat ini belum memiliki blog, jangan tunggu lagi segera buat blog pribadi anda, tidak perlu takut bahwa anda tidak bisa menulis karena dengan seiring berjalannya waktu anda akan terbiasa, tidak perlu bingung apa yang ingin anda tulis karena dalam hidup ini sebenarnya banyak hal yang bisa kita ceritakan lagipula blog adalah tempat bebasnya anda berekspresi tanpa ada yang melarang.

Cara paling mudah untuk memiliki blog sendiri adalah dengan mendaftarkan pada website panyedia blog seperti Blogger.com (yang saya gunakan ini), wordpress.com, blogsome.com, blogdrive.com, dan masih banyak lagi.

Blogger.com tidak membatasi berapa banyak anda dapat memiliki blog dan tidak membatasi kapasitas panjang blog anda. Anda dapat memilih desain interface blog anda dari template yang sudah disediakan. Jika anda sudah menguasai HTML, anda bisa merancang dan memodifikasi blog anda sesuai selera. Blog anda bisa ditempatkan di layanan website gratis seperti Tripod atau Geocities atau bisa juga ditempatkan pada server yang disediakan oleh Blogger.com

Pada posting berikutnya saya akan coba tulis tentang memodifikasi blog untuk pemula, karena saya juga baru belajar menggunakan blog dan saya akan bagikan apa yang sudah saya pelajari.

Happy Blogging.....

0 komentar: