Bagaimana mendaftarkan blogger anda ke google – tips berguna untuk pemula

Senin, 15 Desember 2008

Tips ini menjelaskan bagaimana untuk menghasilkan dan mendaftarkan letak (sitemap) blogger anda kepada google webmaster tools:

Sebelum anda memulai ini, saya akan coba menjelaskan apa itu sitemaps dan bagaimana mereka akan menolong kita. Alasan kita menggunakan sitemaps adalah mereka akan menolong google untuk menelusuri, mengindex tiap halaman dari blog anda dan memberitahu anda apabila ada terdapat kesalahan atau masalah saat mereka mencoba melakukannya. Mereka juga membantu anda untuk mengetahui berapa banyak halaman yang telah berhasil mereka index dan apa yang orang cari di dalam mesin pencari kepada blog anda.

Saya akan coba menjelaskan sedetail mungkin langkah-langkah untuk mendaftarkan letak blog anda ke google :

1. Pertama, kunjungi alamat google webmaster tools dan sign in menggunakan account gmail anda. (anda harus memiliki account di gmail dahulu, bila belum silakan daftar disini)

2. Setelah anda masuk, maka anda akan melihat ini yang meminta anda memasukkan alamat website.

Masukkan alamat url blog anda (contoh:kranthitips.blogspot.com). Jangan menambahkan http atau www.

3. Kemudian, google akan meminta anda untuk memverifikasi alamat tersebut. Untuk mengkonfirmasi apakah anda benar pemilik alamat website tersebut atau bukan.

KLIK link yang bertuliskan ‘verify your site’

Lalu,

4. Ada dua cara untuk mengkonfirmasi kepemilikan anda, tetapi hanya ada satu cara untuk pengguna blogger untuk memasukkan metatag.

5. Copy metatag tersebut.

Sekarang, anda sign in kedalam account blogger anda > klik tombol tata letak > edit HTML, lalu paste kode metatag tersebut setelah bagian head tag dan simpan perubahan.

Dan klik tombol verify dalam google webmaster tools maka anda akan menerima surat konfirmasi yang mengatakan bahwa anda telah berhasil di verifikasi.

Sekarang, anda harus memasukkan sitemap ke google supaya bisa menelusuri blog anda. Kembali ke google webmaster dashboard atau home dan klik link yang bertuliskan ‘Add’ yang terletak setelah nama blog anda dan di dalam kolom Sitemaps. Maka, anda akan melihat ini

Pilih ‘Add general web sitemap’ dari menu pilihan di bagian bawah dan ketik rss.xml atau atom.xml setelah alamat blog anda, seperti gambar berikut

Atau

Dan klik tombol ‘Add General Web Sitemap’

6. Selesai. Sekarang letak blog anda sudah terdaftar ke dalam google. Tunggu sekitar 2 atau 3 hari untuk melihat data statistik blog anda secara detil (halaman yang berhasil terindex, error, dan lainnya)

Bila anda memiliki pertanyaan seputar ini, anda bisa bertanya disini melalui kolom komentar

2 komentar:

Anonim mengatakan...

duh kenapa yach saya dafta atom.xml atau pun rss.xml error???
jawaban dari webmasternya error?
tolong donk mas...

chen's blog mengatakan...

ada kemungkinan anda salah meletakkan kode metatag pada bagian edit HTML. coba ulangi lagi, bila masih tidak bisa kontak pembuat template yang anda gunakan